Kamis, 30 Mei 2013

Persatuan dan kesatuan mulai pudar

Negara Indonesia bisa berdiri menjadi suatu Negara yang berdiri sendiri, yang mempunyai kekuatan hebat meskipun dengan alat sederhana namun bisa memukul mundur para penjajah dan merebut kemerdekaan, tentunya tidak hanya dengan berdiam diri dan mengharapkan uluran dari Negara lain supaya Indonesia ini bisa bebas dari penjajah. Disini Indonesia mempunyai kekuatan yang muncul dari jiwa rakyat Indonesia yang merasa cukup dengan penderitaan yang jalani, dari jiwa yang seperti inilah sehingga muncul keinginan untuk membebaskan diri dari penjajah dan ingin merasakan ketenangan baik itu untuk para rakyat dulu maupun untuk ke depannya supaya bisa dirasakan oleh anak cucu dan seterusnya sampai pada ssat ini. Keinginan yang muncul dari jiwa rakyat Indonesia untuk bisa memukul mundur penjajah membuat rakyat Indonesia pada zaman dulu harusnya ada persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajah, karena dengan persatuan dan kesatuan hal sebesar apapun pasti bisa diselesaikan.
Persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia ini disatukan dalam 4 pilar dan menjadi bingkai Negara Indonesia, 4 pilar ini adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan dengan 4 pilar inilah rakyat Indonesia akhirnya bisa memukul mundur dan merebut kemerdekaan dari para penjajah. Hingga kemerdekaan itupun bisa kita semua rasakan pada saat ini kita bisa mersakan kemerdekaan dan kebebasan di dalam Negara Indonesia ini, dan sepatutnyalah kita semua harus menghargai pengorbanan para rakyat Indonesia dulu, dengan menjaga kemerdekaan ini secara baik dan mempertahankan persatuan dan kesatuan rakyat dalam bingkai 4 pilar yang sudah kita pahami sehingga tidak terulang penjajahan lagi pada Negara ini.
Namun apa yang akan terjadi ketika 4 pilar itu mulai pudar, rakyat sendiri sudah tidak menjaga dan tidak memaknai arti dari 4 pilar itu dengan baik, persatuan dan kesatuan tidak ada lagi dalam jiwa rakyat Indonesia. Dengan maraknya bentrokan yang terjadi di kalangan masyarakat, banyaknya korban yang berjatuhan, puluhan orang meninggal karena saling serang dan saling bunuh antara satu dengan yang lain. Melihat lagi dari peristiwa yang terjadi di berbagai daerah, yang ironis hanya karena masalah kecil bahkan dari masalah keluarga yang mungkin bisa diselesaikan dengan hati dan pikiran jernih, namun malah menjadi masalah besar yang melibatkan semua pihak dan masyarakat banyak, bahkan sampai berlarut-larut tidak kunjung menemukan titik terang dalam permasalahannya. Ini menandakan memang persatuan dan kesatuan yang diserukan oleh rakyat dulu untuk membela tanah air dan merebut kemerdekaan sudah mulai pudar, dan ini pun akan mempengaruhi dari arti 4 pilar yang selalu disebut-sebut sebagai penopang dari tegaknya Negara Indonesia.
Seandainya keadaan masyarakat yang tetap begini dengan egonya masing-masing ingin menang sendiri tanpa memikirkan akibat dari perbuatannya, maka lambat laun Negara ini tidak menutup kemungkinan akan menjadi santapan para penguasa di dunia ini. Sehingga perlulah adanya penguatan terhadap masyarakat tentang realisasi dari pemaknaan 4 pilar itu, sehingga masyarakat sadar akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan yang telah diserukan oleh rakyat-rakyat terdahulu dalam memperjuangkan Negara Indonesia ini

Di zaman sekarang orang-orang semakin individual yang artinya lebih mementingkan diri sendiri dari pada lingkung hal inilah yang menyebabkan persatuan dan kesatuan Indonesia mulai pudar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar