Rabu, 07 Oktober 2015

Menghargai Orang Lain



Menghargai orang lain mungkin kedengarannya cukup mudah dilakukan oleh setiap orang, namun pada kenyataannya hal tersebut masih sulit dilakukan. Banyak faktor yang menyebabkan orang sulit untuk menghargai orang lain namun di kehidupan sehari-sehari biasanya meliputi status sosial dan  kecerdasan akademik. Banyak orang yang menganggap bahwa seseorang baru dapat dihargai bila memiliki status social yang tinggi . setatus social yang tinggi sering di artikan memiliki harta keyaan yang berlimpah seperti memiliki pengasilan yang diatas rata-rata, memakai barang-barang bermerek dan kumpul ketempat-tempat mewah. Atau juga status social dapat di hubungkan dengan adanya keterunan dari seseorang yang berpengaruh atau memiliki kekuasan.
Selain melihat status sosial sering kali kita membedakan seseorang berdasarkan nilai akademik. Dimana orang yang memiliki nilai akademik yang tinggi merasa selalu istimewa dan bangga yang berlebihan. Pada hal tidak semua orang  memiliki keterampilan dibidang akademik misalnya ada orang yang lebih pintar dalam olahraga melukis atau menari. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing .
Dari pengalaman yang saya rasakan tetang cara menghargai orang lain, ternyata masih banyak yang tidak menerapkannya di dalam kehidupan mungkin ini terdengar mudah dan klise tapi ini kenyataan yang ada. Seperti di tempat kerja seorang bos sering merendahkan pegawai yang dibawahnya. Seseorang yang yang lulusan univrsitas terkemuka merendahkan lulusan dari universitas yang biasa. hidup itu seperti roda yang berputar oleh karena itu bila kita sedang diatas dan memiliki kelebihan kita harusnya tetap menghargai orang lain karena mungkin saja orang yang kita rendahkan itu adalah orang membantu kita di kemudian hari.
Menurut saya dalam mengahargai seseorang bukan hal yang harus dibikin sulit terkadang banyak orang dalam menghargai orang lain harus dalam bentuk yang istimewa. Sebenenarnya menhargai orang lain dapat dilakukan dengan apresiasi sederhana. Dalam hidup saya memiliki 3 kata kunci dalam menghargai orang yaitu Maaf, Tolong dan Terimakasih.  Ketika memiliki salah terhadap orang lain baik yang yang disengaja atau tidak kita harus meminta maaf. Ketika kita menginginkan bantuan dari orang lain sebaiknya kita menggunakan kata tolong.  Dan ketika kita diberikan sesuatu oleh yang lain aik itu kecil maupun besar kita harus mengucapkan terimakasih. Jadi mulai dari sekarang biasakan untuk mengucapkan maaf,tolong dan terimakasih . karena ini merupakan sesuatu yang sederhana jadi kita jangan sampai tidak melakukannya hanya karena gengsi atau takut dianggap rendah oleh yang lainnya.



                                                                                                                                            1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar